Pengaruh Kondisi Geografi terhadap Kebudayaan di Desa Wisata Jurug

Aaron Macauley, Chandra and Belinda Maharani, Tarmizi and Edwin Prayogo, Anugroho and Helena, Helena and Jesslyn, Chitania and Kelvin, Wibowo and Nicole, Yong and Regina, Meilani and Stefani, Stefani and Vionita, Vionita (2019) Pengaruh Kondisi Geografi terhadap Kebudayaan di Desa Wisata Jurug. Project Report. SMAK St. Louis 1 Surabaya, Surabaya.

[img] Text
Pengaruh Kondisi Geografi terhadap Kebudayaan di Desa Wisata Jurug.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desa Jurug adalah salah satu desa yang budayanya dapat berkembang dengan baik karena memanfaatkan berbagai sosial media seperti facebook dan membuat website bagi Desa Jurug sendiri. Karena desa Jurug adalah desa yang budayanya sangat berkembang, penelitian lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui faktor geografis berpengaruh terhadap perkembangan budaya di samping peran media sosial. Ada dua cara untuk mendapatkan data mengenai hal tersebut. Yang pertama adalah melalui pengamatan, yaitu dengan cara mengamati kondisi geografis Desa jurug dan menghubungkannya dengan budaya mereka. Yang kedua adalah melalui wawancara dengan penduduk desa setempat. Setelah tiga hari meneliti, ditemukan bahwa kondisi geografis Desa Jurug memang berpengaruh terhadap perkembangan budaya Desa Jurug. Kondisi geografis Desa Jurug yang terletak di daerah pegunungan membuat tanahnya cocok untuk pertanian yang menyebabkan mereka memiliki hasil panen yang baik dan berlimpah. Oleh karena itu, penduduk setempat merasa senang mendapatkan panen yang berlimpah, kemudian penduduk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan dengan mengadakan Upacara Kenduri yang telah menjadi kebudayaan khas Desa Jurug.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Thomas Aquino Library
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:35
Last Modified: 08 Apr 2021 03:40
URI: http://repository.smakstlouis1sby.sch.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item