Cicilia Melavazya, Tjendra and Javelin, Widiartha (2024) LOMBA KARYA TULIS ILMIAH EXPECTO 2024 GENERASI MUDA DAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN DIGITAL: MENUJU INDONESIA EMAS ATAU INDONESIA CEMAS. Other. SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya, Surabaya.
Text
Pemenang Expecto 2024_Generasi Muda dan Transformasi Pendidikan Digital.pdf Download (416kB) |
Abstract
Transformasi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Esai ini mengeksplorasi bagaimana digitalisasi pendidikan memberikan peluang sekaligus tantangan bagi generasi muda dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Di satu sisi, teknologi menawarkan akses yang lebih luas dan pengalaman belajar yang lebih personal, namun di sisi lain, kesenjangan digital dan infrastruktur menjadi hambatan serius. Fokus utama di sini adalah menilai apakah transformasi ini akan membawa Indonesia menuju kemajuan (Indonesia Emas) atau justru menimbulkan kekhawatiran dan ketidakpastian Indonesia Cemas). Generasi muda, sebagai agen perubahan, memiliki peran penting dalam menentukan masa depan pendidikan digital di Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus mampu beradaptasi terhadap globalisasi, supaya bisa menciptakan generasi yang dapat mewujudkan visi Indonesia Emas Tahun 2045. Kata Kunci: Transformasi digital, pendidikan, generasi muda, Indonesia Emas, kesenjangan digital, teknologi.
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Umum |
Depositing User: | Thomas Aquino Library |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 09:00 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 09:25 |
URI: | http://repository.smakstlouis1sby.sch.id/id/eprint/289 |
Actions (login required)
View Item |